Analisis Prosedur Pencairan Dana Pada Saat Kunjungan Kerja Komisi C DPRD Sumatera Utara

Authors

  • Mustofa Kamal Ahmad Sagala Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arnida Wahyuni Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.520

Abstract

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) merupakan salah satu lembaga negara tertinggi dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dan merupakan badan perwakilan rakyat. Dalam melaksanakan kegiatan khususnya anggota DPRD di Provinsi Sumatera Utara juga melakukan kunjungan kerja secara berkala. Kunjungan dilakukan maksimal 4 kali dalam sebulan. Sebelum melakukan kunjungan lapangan, anggota DPRD harus mengikuti standar operasional prosedur, yaitu menyampaikan secara tertulis surat dinas dengan sepengetahuan koordinator masing-masing dan Ketua DPRD. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penyusunannya. Secara khusus, tujuan metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian dari yang khusus ke yang umum. Dengan bantuan metode kualitatif, penulis dapat memahami kondisi dan asumsi sosial yang dipelajari, dan akhirnya mengembangkan model hubungan teoritis. Pada saat melakukan kegiatan ini semua biaya ditanggung terlebih dahulu oleh pegawai yang bersangkutan, dan untuk mendapatkan penggantian biaya kegiatan ini harus mengajukan surat perintah melalui Sekretaris DPRD setelah menyelesaikan perjalanan dinas dengan melengkapi dokumen fisik berupa formulir bukti. transaksi, SPT dan SPD yang sah, protokol dan foto, serta nota dinas yang ditandatangani.

 

References

Ardiyos. 2008. Kamus Besar Akuntansi. Jakarta : Citra harta Prima.

Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes, M. Ali Sodik, M. (2015). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue March).

Fauzi, V. P. (1369). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. 3(1), 1–15.

Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. 42, 383.

Rangka, D., Peran, P., Dpr, D., Perwakilan, D., & Republikindonesia, R. (2018). Laporan Kegiatan Kunjungan Kerja.

Lilis Puspitawati; Sri Dewi Anggadini. (2011.). Sistem informasi akuntansi / Lilis Puspitawati, Sri Dewi Anggadini. Yogyakarta :: Graha Ilmu,.

Nurhadi, Ahmad and Effendy, Aidil Amin (2020) Penganggaran Perusahaan. Other. Unpam Press, Tangerang Selatan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Mustofa Kamal Ahmad Sagala, & Arnida Wahyuni Lubis. (2023). Analisis Prosedur Pencairan Dana Pada Saat Kunjungan Kerja Komisi C DPRD Sumatera Utara. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.520