PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS Studi kasus pada Puskesmas Puger Kabupaten Jember

Authors

  • Ledi Klarismawati Ledi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Norita Citra Yuliarti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Retno Murwanti Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v1i4.296

Keywords:

Perlakuan akuntansi, Biaya Pengolahan Limbah, Laporan Keuangan

Abstract

Penerapan akuntansi atas pengelolaan limbah medis pada Puskesmas Puger bertujuan untuk diketahui perlakuan akuntansi atas pengolahan limbah yang dilakukan Puskesmas Puger yang meliputi identifikasi, pengukuran, pengakuan, penyajian, dan pengungkapan. Jenis penelitian ini bersifat deskripstif komparatif, dengan data primer didapat dari narasumber, dan untuk data sekunder didapat dari media perantara. bahwa perlakuan akuntansi pada Puskesmas Puger meliputi identifikasi Puskesmas Puger masih belum terlaksanakannya identifikasi dalam biaya lingkungan sesuai dengan teori Hansen dan Mowen. Tindakan pengukuran pada Puskesmas Puger telah memenuhi syarat pada unsur-unsur pengukuran di KDPPLK. Penyajian biaya lingkungan sebaiknya dilakukan secara terpisah pada laporan keuangan, dan pengungkapan biaya lingkungan pada CALK harus tersistematis. Hal tersebut akan membantu bagi manajemen Puskesmas Puger dalam memahami secara mudah.

References

Agusti, A. (2021). Tahapan Implementasi Environmental Accounting Pada Universitas Di Kota Padang. Jurnal Ekobistek, 49-58.

Andika, A., Sulindawati, N. L. G. E., Ak, S. E., Kurniawan, P. S., & ST, M. (2018). Analisis Perlakuan Akuntansi Atas Biaya Pengolahan Limbah Pabrik (Studi Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada PT Indocitra Jaya Samudra Jembrana). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Cheppie Aprizal, B., Asrun, A. M., & Handoyo DP, S. (2020). Tinjauan Yuridis Tentang Pengelolaan Limbah Medis Padat Pada Rumah Sakit (Diteliti Di Rumah Sakit Salak Kota Bogor) (Doctoral dissertation, Universitas Pakuan).

Firdaus, Nata. Analisis Pengolahan Limbah Padat Rumah Sakit Bhayangkara Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2021, 2.1: 41-64.s

Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1).

Hasiara, L. O., Fitriana, R., & Harso, B. C. D. (2020). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Rumah Sakit Medika Citra Dalam Proses Pengelolaan Limbah. JAMDI (Jurnal Akuntansi Multi Dimensi), 1(1).

Ikatan Akuntan Indonesia, “Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan

Keuangan”, Salemba Empat, Jakarta, 2015.

Indrawati, N. M., & Rini, I. G. A. I. S. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Badan Puskesmas Umum Daerah (BRSUD) Tabanan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 9(2), 85-95.

Jaya, R. D. S. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan dan Strategi Terhadap Inovasi Perusahaan (Studi empiris terhadap PTPN XI Pabrik Gula Prajekan Kabupaten Bondowoso). . Universitas Muhammadiyah Jember.

Megananda, C. (2019). Perlakuan Akuntansi atas Biaya Lingkungan pada RS Perkebunan dan RSUD Balung di Kabupaten Jember: Pendekatan Observasional. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 18(1), 22-38.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Ledi, L. K., Norita Citra Yuliarti, & Retno Murwanti. (2022). PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS Studi kasus pada Puskesmas Puger Kabupaten Jember. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 130–141. https://doi.org/10.58192/populer.v1i4.296