Analisis Jenis Kesalahan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Analisis Real

Authors

  • Rusi Ulfa Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Devi Tri Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Utami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2307

Keywords:

Mathematical proof, Real Analysis, Student errors

Abstract

Mathematical proof is an important aspect in real analysis courses but is often a challenge for students. This research aims to analyze the types of errors that students often make in mathematical proofs in real analysis courses. The research method uses library research to explore the background, objectives, methods, findings and implications of the problem. The results of the analysis show that logical errors, conceptual errors, notation and writing errors, and heuristic thinking errors are the most common. These findings imply the need to develop more effective learning strategies to help students overcome difficulties in mathematical proofs. By understanding the types of errors that frequently occur, instructors can design learning methods that better suit students' needs.

References

Bertu, R. T., Azwar, A., Wilson, T., & Putri, E. K. (2022). Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa pada mata kuliah analisis real berdasarkan Newmann’s error analysis. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 235-243. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/Euler

Ety, S. (2018). Kemampuan berpikir logis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah analisis real. Jurnal Wahana Didaktika, 16(2), 207-221.

Farhan, M. (2020). Kemandirian belajar dan kemampuan penalaran matematis pada matakuliah analisis real. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Fitriani, F., & Siahaan, M. M. L. (2022). Deskripsi kemampuan pembuktian langsung mahasiswa pada matakuliah analisis variabel riil. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 112-121.

Hanifah, H. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit dan kekontinuan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 69-81.

Hodiyanto, H. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa semester v dalam mengerjakan soal pengantar analisis real. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(1), 33-44.

Kartika, E. D., & Yazidah, N. I. (2019). Analisis kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah analisis real berdasarkan adversity quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 152-157.

Qomariyah, S., & Rosyidah, U. (2022). Kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah analisis real. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 396-400.

Rezky, A. H. (2019). Kesalahan mahasiswa dalam pembuktian matematik. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 1-15. rezkyagungherutomo@gmail.com

Setyaningsih, E., & Widiyastuti, E. (2020). Pengembangan bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan representasi dan pembuktian matematis. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP Purwokerto.

Siregar, N. F. (2020, January). Kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis pokok bahasan sifat urutan pada bilangan real. In Forum Paedagogik (Vol. 10, No. 2, pp. 45-54). IAIN Padangsidimpuan.

Suwanti, V., & Fayeldi, T. (2018). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah pembuktian pernyataan matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(2).

Takaendengan, B. R., Anwar, A., Takaendengan, W., & Kobandaha, P. E. (2022). Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa pada mata kuliah analisis real berdasarkan Newmann’s error analysis. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 235-243

Published

2024-06-29

How to Cite

Rusi Ulfa Hasanah, Devi Tri Lestari, Putri Anggraini, & Nabila Utami. (2024). Analisis Jenis Kesalahan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Analisis Real. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 170–179. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2307