Pelatihan Pembuatan Instrumen Soal Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Wordwall bagi Guru-Guru Kimia se-NTT

Authors

  • Heru Christianto Universitas Nusa Cendana
  • Dewi Lestarani Universitas Nusa Cendana
  • Arvinda C. Lalang Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.706

Keywords:

Quizizz, Wordwall, Media, Soal

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara daring bagi guru-guru Kimia se-NTT pada tahun 2022. Dasar pelaksanaannya adalah kebutuhan guru-guru Kimia akan suatu panduan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang inovatif guna meningkatkan minat belajar siswa seiring dengan perkembangan era digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi guna mendesain pembelajaran yang menarik dan inovatif. Di era digital saat ini, guru-guru tidak hanya dituntut untuk meningkatkan kemampuan mengajar berdasarkan pengetahuan materi yang dimiliki, namun juga dituntut untuk dapat menerapkan pembelajaran yang interaktif dan inovatif guna mendorong dan memotivasi siswa dalam belajar dan berpikir kritis. Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pembuatan instrumen soal menggunakan quizizz dan wordwall. Biasanya guru-guru di sekolah memberikan soal ujian kepada siswa dalam bentuk manual, sehingga siswa merasa bosan untuk menjawab pertanyaan dalam soal tersebut. Pembuatan soal menggunakan quizizz dan wordwall akan memotivasi siswa dalam mengerjakan soal karena disajikan lebih menarik dan interaktif. Layar akan menampilkan skor siswa secara realtime, sehingga siswa dapat melihat urutan skor mereka dengan antusias. Media ini juga cukup mudah untuk dikembangkan bagi guru sehingga memudahkan guru untuk menerapkannya dalam pembelajaran. Guru juga akan lebih mudah dan cepat dalam menyusun nilai ujian siswa.

References

Ahmad, I.F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195–222.

Chaeruman, U.A. (2017). PEDATI Model Sistem Pembelajaran Blended Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia. Direktorat Pembelajaran KEMRISTEKDIKTI Jakarta.

Christianto, H., Arvinda C.L., Yosep L., Lolita, A.M.P., Dewi, L., Fridom, N.L., Gilbertus, F.M.S., Melani, M.W.L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kimia Melalui Pemanfaatan Teknologi Daring Selama Pandemi Covid-19 di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Nusa Cendana. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 42-48. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbk.

Christianto, H., (2021). Pengaruh Aplikasi Multimedia Camtasia Studio dan Media Power Point terhadap Aktivitas Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kinetika Kimia. Media Sains Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 21(1), 56-65.

Dewantara, J.A., dan Nurgiansah, T.H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375.

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Daring Pada Program S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 5–12.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696.

Hikmat, Hermawan, E., Aldim dan Irwandi. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi - Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 41–47.

Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas Universitas Mulawarman (pp. 37–46).

Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8, 19–35.

Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143.

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 4(1), 83–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449.

Sailer, M., Schultz-Pernice, F., & Fischer, F. (2021). Contextual facilitators for learning activities involving technology in higher education: The C♭-model. Computers in Human Behavior, 121, 106794. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106794.

Simatupang, N.I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I.M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 1–7.

Soesanto, Y. M. S. dan R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Pembelajaran Wordwall, Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365.

Sutirna. (2018). Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Stabilitas Nasional. Seminar Nasional Semnas Ristek (pp. 269–276).

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring ( Online ) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah). Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83.

Yan Suo Mei. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. Journal of Social Science Education and Research (pp. 208-212).

Yensy, N.A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65–74.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Heru Christianto, Dewi Lestarani, & Arvinda C. Lalang. (2023). Pelatihan Pembuatan Instrumen Soal Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Wordwall bagi Guru-Guru Kimia se-NTT. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.706