PEMANFAATAN APLIKASI MEMRISE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS GURU MELALUI TOEFL

Authors

  • Dina Syarifah Nasution Stain Mandailing Natal
  • Sri Wahyuni Hasibuan Stain Mandailing Natal
  • Zulfikar Zulfikar Stain Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.651

Keywords:

aplikasi memrise,tes toefl, Guru

Abstract

Tujuan Pengabdian Masyarakat pengenalan aplikasi Memrise ini adalah untuk membantu Peningkatan kompetensi para guru Bahasa Inggris dalam menguasai tes – tes TOEFL guna mendukung peningkatan kemampuan TOEFL mereka. Pengenalan aplikasi ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif desktiptif dengan melaksanakan pre-test dan post-test TOEFL. Sample dan populasi adalah guru-guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Hasil dari pengenalan aplikasi ini adalah memberikan nilai baik buat Guru – Guru terlihat dari hasil post test yang di laksanakan di akhir kegiatan. Hasil post test menunjukkan bahwa aplikasi memrise berperan signifikan dalam meningkatkan pengetahuan para guru khususnya pengajaran Bahasa.

 

References

Barber, C. (2000). The English Language: A Historical Introduction. Cambridge Univ. Press

Blake, Robert J. 2000. Technology, Multimedia, and Second Language Learning. Retrieved from http://www.mhhe.com/socscience/Passport/spotlight.htm accessed on February 1, 2008.

Brown, Gillian and George Yule. 1983. Teaching the Spoken Language: An Approach Based on the Analysis of Conversational English. UK: Cambridge University Press.

Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy Third Edition. New York: Pearson Education.

Departemen Pendidikan Nasional. (1998). Pedoman Pelatihan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Freeborn, D. (2006). From Old English to Standard English: A Course Book in Language Variations Across Time (Studies in English Language). New York: Macmillan.

Gunn, Cathy. 1997. Integrated Multimedia for Better Language Learning. Paper presented in ASCILITE 97 Conference.

Manneter, Terrence. 2002. The Natural Approach: Technology in the Second Language Classroom. Teaching with Technology Today, Vol. 9, No. 2

https://www.plti.co.id/produk-jasa/toep- teflin

http://sobatbaru.blogspot.co.id/2010/03/teori-toeic.html

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/ bitstream/handle/123456789/3936/Bab%202.pdf?sequence=7

http://www.blue-la-goon- idn.com/memrise-learn-languages- free/#Cara_penggunaan_Memrise

https://jalantikus.com/apps/memrise- learn-languages-free

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Dina Syarifah Nasution, Sri Wahyuni Hasibuan, & Zulfikar Zulfikar. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI MEMRISE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS GURU MELALUI TOEFL. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 121–130. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.651