Pendampingan Belajar “Peningkatan Literasi dan Numerasi Berbasis Teknologi di SDN Garon”

Authors

  • Nadhatul Nurul Hasanah Universitas PGRI Madiun
  • Ach. Ryan Ma’sum Saputra Universitas PGRI Madiun
  • Estuning Dewi Hapsari Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.561

Keywords:

Literasi, Numerasi, Teknologi

Abstract

Penggunaan teknologi dalam peningkatan literasi dan numerasi masih kurang diterapkan secara optimal. Di Sekolah Dasar Negeri Garon, penerapan literasi dan numerasi belum dikolaborasikan dengan teknologi. Adanya aplikasi penunjang literasi dan numerasi belum banyak diperkenalkan tenaga pendidik kepada peserta didik untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan belajar guna meningkatkan literasi dan numerasi di SDN Garon dengan mengenalkan aplikasi penunjang literasi seperti Let’s Read dan Quizizz serta aplikasi penunjang numerasi yaitu Geogebra. Pengenalan aplikasi tersebut sekaligus agar dapat membiasakan peserta didik menggunakan smartphone untuk belajar. Hasil dari pendampingan menunjukkan bahwa peserta didik lebih bersemangat dan tertarik untuk belajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Peserta didik juga berperan aktif dalam pembelajaran yaitu menggunakan aplikasi penunjang secara langsung sehingga meningkatkan pengetahuan mereka.

 

 

References

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan

Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia.

Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.105

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Nadhatul Nurul Hasanah, Ach. Ryan Ma’sum Saputra, & Estuning Dewi Hapsari. (2023). Pendampingan Belajar “Peningkatan Literasi dan Numerasi Berbasis Teknologi di SDN Garon”. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.561