Penilaian Materi Majrurat Wa Majzumat Dengan HOTS Dalam Implementasi Kurikulum 13 Pada Mahasiswa PBA UIN STS Jambi

Authors

  • Nisa Azzah Zuhdiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Musli UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Jafar Shodiq UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.338

Keywords:

Majrurat, Majzumat, HOTS

Abstract

field study yang penulis lakukan di UIN STS Jambi terfokus kepada kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan selama 2 bulan, dari bulan April-Juni 2022 di program Pendidikan Bahasa Arab. Materi yang dibahas adalah tentang majrurat wa majzumat dengan menerapkan k-13. Kurikulum 13 menjadikan para mahasiswa untuk lebih bersikap aktif dan inovatif untuk memfokuskan kepada kompetensi sikap, pengetahuan dan juga keterampilan secara terpadu. Metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah campuran. Dengan mengetahui rata-rata nilai kelas dan mendeskripsikan hasil akhir dari penilaian yang akan dilaksanakan dengan observasi dan tes. Lalu prosedur penelitian yang akan dilakukan penulis adalah dengan cara tindakan kelas yang sudah dilaksanakan ini mencakup empat tahap, yakni : rencana, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penilaian yang diujikan dengan soal HOTS pada mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi menghasilkan penilaian dengan nilai rata-rata kelas 80,95 yang termasuk dalam kategori grade A.

References

Ainin, Moh. 2018. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah atau Sekolah : HOTS, MOTS atau LOTS. Malang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV.

Albantani, Azkia Muharom. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta. arabiyat : jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaan.

Asyrofi, Syamsuddin. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta. Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Hamid, Abdul. 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab UNTUK Studi Islam. Malang. UIN-MALIKI PRESS.

Huda, Nurul. 2019. Implementasi Metode Usability Testing dengan System Usability Scale dalam Penilaian Website RS Siloam Palembang. Palembang. KLIK : Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer.

Maghfirah, Amatullah Faaizatul. 2017. Kreativitas Dosen dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Mahasiswa di IAIN Surakarta. Surakarta. Academia : Jurnal of Multidisiplinary Studies.

Pulukadang, Wiwy Triyanty. 2021. Buku Ajar Pembelajaran Terpadu. Gorontalo. Ideas Publishing.

Rahmawati, Nailur. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab : Menuju Higher Order Thinking Skills (HOTS). Malang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV.

Sembiring, Masta Marselina, Irsan Rangkuti. 2020/2021. Penerapan Model Pembinaan Clkk (Contoh, Latihan, Kontrol, Kerja Mandiri) Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd 2019 Unimed dalam Merencanakan Evaluasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Indonesia Kelas Rendah Tahun Pembelajaran 2020/2021. Medan. jurnal guru kita.

Syakur, Nazr. 2010. Revolusi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta. PEDAGOGIA.

Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher OrderThinking Skill (HOTS). Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Nisa Azzah Zuhdiyah, Musli, & Muhammad Jafar Shodiq. (2022). Penilaian Materi Majrurat Wa Majzumat Dengan HOTS Dalam Implementasi Kurikulum 13 Pada Mahasiswa PBA UIN STS Jambi. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 100–111. https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.338