Digitalisasi Marketing : Pemanfaatan Sosial Media Dalam Pemasaran Produk Hasil Kewirausahaan Nelayan Bajomulyo, Kec. Juwana, Kabupaten Pati

Authors

  • Retno Mulatsih Universitas Maritim AMNI
  • Wasi Sumarsono Universitas Maritim AMNI
  • Adenanthera Lesmana Dewa Universitas Maritim AMNI
  • Andar Sri Sumantri Universitas Maritim AMNI

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i2.1298

Keywords:

wirausaha, digital marketing, sosial media, promosi

Abstract

Tantangan kita di masa sekarang dan di masa mendatang adalah meningkatkan kemampuan daya saing masyarakat.  Masyarakat harus memiliki kemampuan yang kuat untuk berkarya dengan semangat mandiri, tekun, teliti dan produktif, mampu dan berani membuat keputusan, berani mengambil resiko, serta berjiwa kreatif dan inovatif. Sifat-sifat ini juga harus dimiliki oleh para nelayan, sehingga dapat melahirkan jiwa wirausaha unggul yang memiliki daya saing dan berkemampuan merebut, memanfaatkan serta menciptakan peluang usaha. Kemudian  mampu memasarkan dan menjual produk yang dihasilkan pada masyarakat secara luas, melalui pemanfaatan social media, sehingga tingkat perekonomian masyarakat nelayan bisa  terangkat lebih baik, dan lebih sejahtera.  Hal tersebut merupakan tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat UNIMAR AMNI periode ini.

References

Ainurriyah Ainurriyah, Sugeng Purwanto, 2023. Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Bakso Dan Es Campur “Family” Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, No. 3 Agustus 2023

Dini Yulia Putri, Fitri Eriyanti, 2019. Peran Istri Nelayan Tradisional dalam Meningkatkan PendapatanKeluarga melalui Kewirausahaan di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, Volume 1, Issue 3, Mei 2019. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang.

Ginanjar Abdurrahman, H. O. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran . JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT MANAGE VOL. 1. NO. 2, 88-92.

Lioni Asmirelda, Yoseph Felix Rahardjo, Niki Moktika Dwi Megawati, Yokhebed Rajagukguk, Endah Setya Octaviani, dan Hanny Oktaria (2020). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan melalui Inkubator Bisnis dalam Mengolah Hasil Laut. Abdimas-Polibatam, Vol. 2, No. 1, Juni 2020

Muhammad Yusuf., Miftachul Munir & Hendra Suwardan, 2020. Pengembangan Kewirausahaan Pembuatan Nugget Ikan (Fish Nugget) sebagai salah satu usaha peningkatan Pendapatan Nelayan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban, Jurnal Abdi Mas TPB Volume 2 Nomor 2 Juli 2020 (hal 16-20)

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mulatsih, R., Sumarsono, W., Dewa, A. L., & Sumantri, A. S. (2023). Digitalisasi Marketing : Pemanfaatan Sosial Media Dalam Pemasaran Produk Hasil Kewirausahaan Nelayan Bajomulyo, Kec. Juwana, Kabupaten Pati. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i2.1298