Pengembangan Spot Iconic Berbasis IT Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Di Pasar Seni dan Budaya Kertarejasa Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Authors

  • Dila Umnia Soraya Universitas Negeri Malang
  • Heru Wahyu Herwanto Universitas Negeri Malang
  • Muladi Muladi Universitas Negeri Malang
  • Muis Muhtadi Universitas Negeri Malang
  • Sujito Sujito Universitas Negeri Malang
  • Nur Aliyah Rohma Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i4.1216

Keywords:

Art and Culture Market, Iconic Spot, Tourist Attraction

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata telah berkembang menjadi sebuah industri yang sangat signifikan karena perkembangan dari digitalisasi sendiri. Fenomena ini terjadi karena aktivitas sektor pariwisata yang telah menciptakan permintaan tinggi untuk sebuah jasa, produk dan pelayanan, berakibat pada munculnya perusahaan yang saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Inilah yang dapat menjadi kontribusi untuk meningkatkan para wisatawan berkunjung ke dalam objek wisata tertentu. Sebagai contoh objek wisata yang diprakarsai oleh masyarakat setempat adalah Pasar Seni dan Budaya Kertarejasa, yang berlokasi di Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Yang ditawarkan dalam pasar ini adalah berbagai produk dari seni dan budaya yang begiru menarik minat para wisatawan untuk memperkenalkan lebih dekat kearifan lokal dan keunikan daerah tersebut. Ditekankan juga pentingnya upaya bersama untuk melestarikan dan mengembangkan potensi pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan dan pengenalan budaya daerah.

References

Amelia, Viona, and Danang Prasetyo. “Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) Terhadap Objek Wisata Sebagai Wujud Pemenuhan Hak Wisatawan.” Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata 5, no. 2 (2022): 92–99.

Anggriani, Ema Idha, and Deby Febriyan Eprilianto. “PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA AIR SUMBER BANTENG DI KELURAHAN TEMPUREJO, KECAMATAN PESANTREN, KOTA KEDIRI.” Publika (2023): 2083–2096.

Maria, Berlian Rizqiany Dewi. “Program Kerjasama Indonesia, Malaysia, Thailand–Growth Triangle Terkait Perkembangan Wisata Halal Di Indonesia Periode 2017-2018.” Moestopo Journal of International Relations 1, no. 2 (2021): 137–148.

Marlina, Leni, and Nurul Hidayati. “Peran Pariwisata Berbasis Industri Dalam Pengembangan Bisnis Di Indonesia.” Jurnal Riset Multidisiplin dan Inovasi Teknologi 1, no. 01 (2023): 31–40.

Putro, Setiadi Cahyono, Sujito Sujito, Wahyu Sakti Gunawan Irianto, Slamet Wibawanto, Moh Zainul Falah, Abdullah Iskandar Syah, and Herpri Milenia. “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMPERSIAPKAN INDUSTRI 4.0 DI ERA COVID-19 PADA UMKM GRASIMA.” Jurnal Graha Pengabdian 5, no. 1 (February 21, 2023): 27–34.

Sukirman, Deden, and Wandy Zulkarnaen. “Manajemen Pariwisata Halal Dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen 3, no. 1 (2022): 36–47.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Soraya, D. U., Herwanto, H. W., Muladi Muladi, Muhtadi, M., Sujito Sujito, & Nur Aliyah Rohma. (2023). Pengembangan Spot Iconic Berbasis IT Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Di Pasar Seni dan Budaya Kertarejasa Kecamatan Singosari Kabupaten Malang . Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 16–23. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i4.1216