KEGIATAN MELUKIS TONG SAMPAH DAN EDUKASI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SANCA 1

Authors

  • Risa Anisa Nurlaeli STAI Riyadhul Jannah, Subang
  • Siti Umi Hani STAI Riyadhul Jannah, Subang
  • Linda Dwi Nurmasyanti STAI Riyadhul Jannah, Subang
  • Badru Sohim STAI Riyadhul Jannah, Subang

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1138

Keywords:

Melukis Tong Sampah, Edukasi Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan PKM (Pengabdian kepada masyarakat) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memahami pentingnya memelihara lingkungan, yang kedua dengan melukis di tong sampah anak mampu mengekspresikan alam di tong sampah dan yang ketiga, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya. Dalam pelaksanaan PKM (Pengabdian kepada masyarakat) ini, metode yang digunakan yaitu penyuluhan, pendampingan dan praktek. Adapun tahapannya yaitu sebagai berikut, yang pertama tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan yang terakhir tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM (Pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa anak mampu memahami pentingnya memelihara lingkungan, mampu meningkatkan kreativitas anak dan mampu meningkatkap kepedulian terhadap lingkungan sekolah.

References

Akib, Muhamad. Hukum Lingkungan Perspektif Global Dan Nasional. Jakarta: Rajawali, 2014.

Andrian Tamo Ina Talu, Maria Distriani Vista Banggur. “Pembuatan Tong Sampah Berbahan Dasar Bambu : Pengutan Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Desa Kakor.” Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2020): 158–164.

Ayu Fitria Anisa, Nadiah Ahrajabanur, Irmawati H, Nurasia Amin. “Pengadaan Tempat Sampah Untuk Lingkungan Sekolah Sehat.” Lepa-Lepa Open 2 (2022).

Azzet, Akhmat Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Danusaputro, Munadjat. Hukum Lingkungan, Buku 1 Umum. Jakarta: Binacipta, 1985.

Drs. Isma Tantawi, M.A. Dasar-Dasar Ilmu Budaya. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

Harie Teki Tjendani, Agus Setiawan, Dedy Rahmatullah. “Pembuatan Tong Sampah.” Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa 3 (2019).

Purwanti. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya.” Riset Pendagogik (2017): 14–20.

Purwasasmita, M. Memaknai Konsep Alam Cerdas Dan Kearifan Nilai Budaya Lokal (Cekungan Bandung, Tatar Sunda, Nusantara, Dan Dunia) Peran Lokal Genius Dalam Pendidikan Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press, 2010.

Riza Nurfalah, Z. Mutaqin. “Program Pendampingan Pembuatan Tong Sampah Dan Edukasi Pemeliharaan Kebersihan Pada Anak Di Lingkungan Palasari RW. 04” 1 (2021): 153–158.

Rustandi, Tantan. Pintar Melukis Dengan Cat Akrilik. Edited by Yashinta. Jakarta: Kawah Media, 2009.

Sa’ud, Syaefudin & Abin Syamsudin Makmun. Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Soemarwoto, Otto. Ekologi, Lingkungan Hidup Dan Pembangunan,. Jakarta: Djambatan, 1997.

Soerjani, M., Ahmad, R., & Munir, R. Lingkungan Sumberdaya Alam Dan Kependudukan Dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia, 1987.

Sosial, Direktorat Bantuan. Pedoman Pendampingan Pada Rumah Perlindungan Dan Trauma Center. Jakarta: Departemen Sosial, 2007.

Subejo. Penyuluhan Pertanian Terjemahan Dari Agriculture. Jakarta: Extention (edisi 2), 2010.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Rarsito, 2005.

Tjokroadmujoyo. Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pendidikan Agama Islam Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam. Lampung: Universitas Lampung, 2014.

Wiranto, Tri Ayu. Seni Lukis Konsep Dan Metode. Surabaya: CV. Zaifatama Jawara, 2018.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Risa Anisa Nurlaeli, Siti Umi Hani, Linda Dwi Nurmasyanti, & Badru Sohim. (2023). KEGIATAN MELUKIS TONG SAMPAH DAN EDUKASI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SANCA 1. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 29–44. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1138