Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Pomosi Dan Penjualan Poduk UMKM Di Kelurahan Sananwetan

Authors

  • Ellyn Dya Lestari UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Gendut Sukarno UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1137

Keywords:

Media sosial, Instagram, Promosi, Penjualan, UMKM

Abstract

Kemajuan teknologi informasi  pada era globalisasi cenderung membentuk perubahan perilaku konsumen untuk memenuhi minat dan kebutuhannya. Kemajuan teknologi berdampak pada perubahan metode penjualan konvensional perlahan menjadi penjualan secara online dengan memanfaatkan jejaring internet dan media sosial. Penggunaan media sosial bagi masyarakat indonesia sangat beragam salah satunya ialah sebagai wadah promosi dan penjualan produk. Instagram merupakan media sosial yang berfokus pada visual sehingga cocok digunakan sebagai platform promosi dan penjualan produk UMKM, sebagai platform promosi dan penjualan yang tergolong mudah dan efisien. Hal ini dikarenakan, konsumen dapat melihat secara visual bentuk dari produk yang dijual sehingga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dalam membeli. Namun, pada UMKM Omah Dayang penggunaan Instagram sebagai wadah promosi dan penjualan masih belum dimanfaatkan dengan baik. Adanya keterbatasan pengetahuan dan pemahaman dalam menggunakan Instagram menjadi hambatan UMKM tersebut. Oleh karena itu, dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat akan membantu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Instagram sebagai wadah promosi dan penjualan produk UMKM sehingga dapat meningkatkan penjualan produknya. Kemudian, dari kegiatan sosialisasi dan pendampingan berupa pelaku UMKM mengenal dan mulai menggunakan sosial media sebagai wadah promosi dan penjualan produk. Dari hasil kegiatan mulai menghasilkan beberapa peningkatan seperti akun sosial media yang mulai dikenal dan meningkatnya kemampuan pemilik dalam mempromosikan produknya.

References

Anaqhi, Afif W., Zainal Abidin A., Saifuddin Z., dan Heidy A (2023). Viralitas Trash-Talking di Tiktok Sebagai Gaya Baru Personal Digital Branding. Nomosleca, 9(1), 67–87.

Anggraeni, L. (2018). 130 Juta Penduduk Indonesia Sudah Pakai Medsos. http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/0k8L1edk-130-juta-penduduk-indonesia-sudah-pakai-medsos, diakses tanggal 4 Juli 2023.

Hidayati, Nurtriana, Prind Triajeng Pungkasanti, dan Nur Wakhidah. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing UMKM Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Abdimasku, Vol. 3, No. 3, : 119-124 https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Puspitarini, Dinda Sekar dan Reni Nuraeni (2019). Pemanfaat Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Ejurnal Ilmu Komunikasi Telkom Universitas Vol 3, No.1, https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307

Riyanto, Andi Dwi. (2021). Hootsuite (We are Social) : Indonesia Digital Report 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/ , diakses tanggal 4 Juli 2023.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Ellyn Dya Lestari, & Gendut Sukarno. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Pomosi Dan Penjualan Poduk UMKM Di Kelurahan Sananwetan. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 19–28. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1137