Pendampingan UMKM “Bebek Mesra Surabaya” Melalui Strategi Rebranding dan Digital Marketing

Authors

  • Dhea Nanda Astimeyra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Djuliandhika Rachmaningtyas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yuniningsih Yuniningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1135

Keywords:

UMKM, Mengubah Citra, Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian negara dan penyerapan tenaga kerja. Kelurahan Keputih memiliki cukup banyak UMKM  yang aktif dan variatif. Hasil survei menemukan beberapa kendala yang dialami oleh UMKM di wilayah Kelurahan Keputih, salah satunya ada pengenalan produk dan ketatnya persaingan untuk melakukan pemasaran di era digital. Solusi kegiatan diprioritaskan untuk UMKM yang memiliki potensi yaitu “Bebek Mesra Surabaya” dilakukan pendampimpangan dengan strategi rebranding dan digital marketing. Pendampingan yang dilakukan diantaranya:  a. Pembuatan foto produk dan video konten;  b. Pembaruan design banner; c. Pembuatan menu dengan Quick Response (QR) Code untuk menu digital UMKM “Bebek Mesra”. Hasil yang diperoleh setelah pendampingan adalah UMKM “Bebek Mesra Surabaya memiliki lebih banyak konten dan mengetahui cara membuat konten yang menarik untuk melakukan pemasaran digital, design banner baru yang sudah tercantum logo halal MUI, dan daftar menu baru disertai Quick Responses (QR).

 

References

Ardhiani, T. (2018). Analisis proses rebranding. Universitas Sanata Dharma.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Pangestika, W. (2020, Januari 01). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Retrieved Juni 12, 2023, from jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenaldigital-marketing-konsep-danpenerapannya/

Reswari, D. M. (2020, April 21). Bagaimana Cara UKM Menjaga Produktivitas di Tengah Imbauan PSBB? Retrieved Juni 12, 2023, from jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/cara-ukmmenjaga-produktivitas-di-tengahimbauan-psbb/

Sandi, F. B. (2020, Juni 24). Peran UMKM di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui. Retrieved Juni 13, 2023, from pajak: https://www.onlinepajak.com/seputar-pph-final/peranumkm

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Dhea Nanda Astimeyra, Djuliandhika Rachmaningtyas, & Yuniningsih Yuniningsih. (2023). Pendampingan UMKM “Bebek Mesra Surabaya” Melalui Strategi Rebranding dan Digital Marketing. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 10–18. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1135