Mengoptimalkan Potensi UMKM RKT Kitchen Melalui Pembuatan Layanan Go Food guna Mengimplementasikan Digital Marketing pada UMKM

Authors

  • Maria Helena Gani Doren Hera UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • M. Taufiq UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Riko Setya Wijaya UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1133

Keywords:

Go Food, Pemasaran digital, UMKM, Layanan, Potensi

Abstract

RKT Kitchen adalah salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Paguyuban UMKM Kalirungkut di Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. RKT Kitchen terletak di Jalan Rungkut Asri XIII No. 19 dan dimiliki oleh Ibu Ismudji Rahayuningsih. UMKM ini spesialis dalam layanan katering dan menyediakan berbagai varian jus buah. Pemilik RKT Kitchen menghadapi kendala dalam memanfaatkan teknologi digital sehingga pemasaran dan penjualan produknya secara digital terhambat. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, penulis memberikan pendampingan yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran, keterampilan, dan inovasi pemasaran pada produk UMKM RKT Kitchen. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) yang terdiri dari tiga tahap yaitu sosialisasi dan pemberian wawasan, pembuatan akun dan pembimbingan, serta simulasi dan uji coba. Hasil yang didapat dari kegiatan pengabdian adalah berkembangnya potensi produk UMKM RKT Kitchen melalui aplikasi Go Food sebagai bentuk implementasi digital marketing.

References

Istiatin, dan Fithri Setya Marwati. “SOSIALISASI BERBAGAI PELUANG USAHA UMKM DAN EKONOMI KREATIF DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN PINGGIR DESA TELUKAN SUKOHARJO.” Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2021.

Komalasari, Dewi, Alshaf Pebrianggara, dan Mas Oetarjo. Digital Marketing. Sidoarjo: Umsida, 2021.

Putra, Kadek Aryana Dwi, Fauzan Hidayatullah, dan Nurul Farida. “MEDIATISASI LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN DI INDONESIA MELALUI APLIKASI GO-FOOD.” Islamic Communication Journal , 2020.

Putri, Ni Made Dwi Maharani, dan I Made Jember. “Pengaruh Modal Sendiri dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman sebagai Variabel Intervening).” JEKT, 2016.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Maria Helena Gani Doren Hera, M. Taufiq, & Riko Setya Wijaya. (2023). Mengoptimalkan Potensi UMKM RKT Kitchen Melalui Pembuatan Layanan Go Food guna Mengimplementasikan Digital Marketing pada UMKM. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 01–09. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1133