Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama)

Authors

  • Rina Budiarti Universitas Potensi Utama
  • Tika Nirmala Sari Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.572

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Untuk mempengaruhi keputusan pembelian smartphone Vivo ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya seperti Kualitas Produk, Harga dan Promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian smartphone Vivo pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan menggunakan teknik pengambilan sampel metode Slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan jumlah sampel 85 responden mahasiswa/I Prodi Manajemen Universitas Potensi utama. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Harga dan Promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo. Dan melalui hasil pengujian, dapat diketahui bahwa nilai koefisien determinasi Adjusted R square yaitu sebesar 0,522 atau 52,2% yang menunjukkan bahwa variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk, Harga dan Promosi, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

References

Andis, Agunawan., Risal, M., & Usman, Halim. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung pada Toko Centro Palopo. Jurnal Manajemen, 5(1).

Andriani, Wiwin., Abdurrahman., & Sari, Putri RK. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).

Bairizki, Ahmad. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada UD Ratana Cake and Cookies). Jurnal Valid, 14 (2).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Gerung, Christy Jacklin., Sepang, Jantje., & Loindong, Sjendry. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, 5(2).

Haque, Marissa Grace. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Berlian Multitama di Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(1).

Igir, F.g., Jhony R. E., dan Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).

Imanudin. (2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di PT. Citra Makmur Sejahtera. Jurnal Indonesia Membangun, 2(2).

Kasanti, Novera., Anderson Wijaya., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard Pada PT. AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1).

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Njoto, Dea., dan Krismi Budi Sinetra. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok. Jurnal Manajemen dan Startup Bisnis, 3(5).

Riduansah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online Shop (Studi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Samarinda). Jurnal Riset Inossa, 2(2).

Rizki, Ainur, Wafiq. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Pada Universitas Muhammadiyah). Skripsi , Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saebani, Muh. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Batik Danar Hadi Surakarta. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 18(10).

Sahara, Nabila Iwan., & Prokoso, Fajar Adi. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA).

Taufiq, Muhammad. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Mie Instan Merek Lemonilo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Tolan, Mita Sari., Pellen, Frendy A.O., & Punuindoong, Aneke Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Journal Produtivity, 2(5).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tejada, J., dan Joyce, R. (2012). On The Misue of Slovin’s Formula. The Philippine Statistician, 61(1): 129–136.

Tjiptono Fandy. (2016). Pemasaran Esensi Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Rina Budiarti, & Tika Nirmala Sari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 01–14. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.572

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.